Senat UNNES menjalankan fungsi penetapan, pertimbangan, dan pengawasan pelaksanaan kebijakan akademik berdasarkan Permenristekdikti Nomor 49 Tahun 2016 tentang Statuta Universitas Negeri Semarang. Dalam menjalankan kewenangannya Senat mempunyai tugas dan wewenang sebagai berikut:

(a) penetapan kebijakan norma dan kode etik akademik; dan (b) melakukan pengawasan terhadap: 1) penerapan norma/etika akademik dan kode etik sivitas akademika; 2) penerapan ketentuan akademik; 3) pelaksanaan penjaminan mutu perguruan tinggi paling sedikit mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi; 4) pelaksanaan kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuwan; 5) pelaksanaan tata tertib akademik; 6) pelaksanaan kebijakan penilaian kinerja Dosen; 7) pelaksanaan proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tugas dan wewenang Senat selanjutnya adalah: (c) pemberian pertimbangan dan usul perbaikan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi kepada Rektor; (d) pemberian pertimbangan kepada Rektor dalam pembukaan dan penutupan program studi; (e) pemberian pertimbangan terhadap pemberian pencabutan gelar dan penghargaan akademik; (f) pemberian perimbangan kepada Rektor dalam pengusulan Profesor; (g) dan pemberian rekomendasi sanksi terhadap pelanggaran norma, etika, dan peraturan akademik oleh civitas akademika kepada Rektor. Dalam melaksanakan tugas dan wewenang, Senat menyusun laporan hasil pengawasan dan menyampaikan kepada Rektor untuk ditindaklanjuti.

Senat dalam menjalankan tugas dan wewenang telah memiliki kelengkapan senat yang meliputi: Anggota Senat terdiri atas: 6 (enam ) orang wakil Dosen dari setiap Fakultas, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, dan Ketua Badan Penjaminan Mutu. Wakil Dosen dari setiap Fakultas mewakili bidang ilmu atau kelompok bidang ilmu pada tiap-tiap fakultas. Anggota Senat yang berasal dari wakil Dosen dari setiap Fakultas dipilih Senat Fakultas dan diusulkan oleh Dekan kepada Rektor.

Secara struktur organisasi, Senat terdiri atas: Ketua merangkap anggota; Sekretaris merangkap anggota; dan anggota. Ketua dan Sekretaris Senat dijabat oleh anggota Senat yang bukan dari unsur: Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, dan Ketua Badan Penjaminan Mutu. Masa jabatan angota Senat selama 4 (empat) tahun dan dapat dipilih kembali untuk 1 (satu) kali masa jabatan. Senat dalam melaksanakan tugasnya dapat membentuk Komisi/ Badan Pekerja. Komisi/ Badan Pekerja dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan ditetapkan oleh Ketua Senat.

Senat memiliki peran akademik yang sangat strategis untuk mendukung dan mengembangkan Universitas Negeri Semarang dalam mencapai visi dan misinya. Visi UNNES adalah menjadi universitas berwawasan konservasi bereputasi internasional. Untuk mencapai visi yang telah ditetapkan, misi UNNES dirumuskan sebagai berikut: 1) menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang unggul dan bertaraf  internasioal di bidang kependidikan dan non kependidikan; 2) mengembangkan, menciptakan, dan/ atau menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olahraga, yang bermakna dan bermanfaat dan; 3) mengembangkan kebudayaan dan peradaban bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai konservasi. Mengacu pada visi dan misi UNNES, Senat melaksanakan tugas dan wewenang untuk memastikan agar seluruh penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi didasarkan pada dua pilar, yakni; berwawasan konservasi dan bereputasi internasioanal.