Senat UNNES Berkunjung Ke Senat Akademik Universitas Indonesia

,

Kamis (12/12) Senat UNNES melakukan kunjungan ke Senat Akademik Universitas Indonesia- Kampus Depok UI. Agenda dari kunjungan Senat  Unnes yakni diskusi bersama tentang paradigma untuk memajukan kapasitas akademik universitas, serta bersilaturahim antar anggota Senat Unnes dan Senat Akademik UI. Diskusi  membahas mengenai isu-isu strategis dan upaya atau inovasi yang telah diciptakan sehingga menjadi masukan kinerja senat.

Pada pukul 13.00 Rombongan Senat UNNES diterima oleh Senat Akademik Universitas Indonesia yang dipimpin oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, MSc., MPHil., Ph.D (Ketua SA UI) di Gedung PAU UI Lantai 9.

Pada kunjungan ini, Senat UNNES yang hadir yakni Prof. Dr. Soesanto sebagai Ketua Senat Akademik Universitas Negeri Semarang, beserta Sekretaris, Ketua Komisi dan anggota Senat yakni Prof. Dr. Ir. Bambang Haryadi, M. Sc. , Prof. Dr. Mungin Eddy W. Kons., Prof. Dr. Zaenuri, M.Si., Akt.,  Prof. Dr. Suyahmo, M. Si., Prof. Dr. Hardi Suyitno, M. Pd., Prof. Dr. Soegiyanto, M. S., Prof. Dr. Sucihatiningsih Dian W.P., M. Si., Dr. Suwito Eko Pramono M.Pd.

Kegiatan diskusi dimulai dengan perkenalan anggota Senat antar kedua universitas, kemudian dilanjutkan pemaparan program kerja, isu strategis, dan tugas di masing-masing Komisi Senat Akademik UI.  SA UI terdiri dari 3 komisi yaitu Komisi 1 (Akademik dan Kemahasiswaan), Komisi 2 (Riset, Pengmas, Inovasi, dan TI), Komisi 3 (SDM, Kerjasama, dan Hubungan Alumni)

Ketua Komisi I Senat Akademik UI Prof. Dr. drg. Indang Trihardini, M.Kes menjelaskan mengenai isu yang diangkat pada Komisi I Bidang Akdemik dan Kemahasiswaan tentang norma pendidikan dan norma perilaku  yang membentuk mahasiswa berkarakter, berfikir kritis sesuai 9 nilai-nilai UI yakni Kejujuran, Keadilan, Keterpercayaan, Kemartabatan, Tanggung Jawab, Kebersamaan, Keterbukaan, Kebebasan akademik, dan Kepatuhan pada aturan. Ketua Komisi II SA UI Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG (K) memaparkan mengenai tugas Komisi di bidang Riset dan inovasi, di bidang riset UI  mengembangkan  pusat riset yg pengelolaannya mandiri serta mendorong norma pengembangan sistem berbasis teknologi informasi, serta wacana Ristekdikti tentang jenjang khusus riset Guru Besar (Profesor) di Perguruan Tinggi.

Prof. Dr. A. Harsono Soepardjo, M.Sc Ketua Komisi III Senat Akademik UI memaparkan mengenai pengembangan SDM, Kerjasama, dan Alumni. Dibidang kerjasama SA UI menjelaskan beberapa kerjasama UI dengan Industri –industri dan kerjasama riset. Kerjasama itu di dalam dan luar negeri yang ditangani secara khusus.

Dalam kesempatanya Prof. Santo menyampaikan terimaksih kepada Senat Akademik UI atas diterimanya kunjungan Senat UNNES. “Semoga dengan adanya silaturahim ini, kita bisa saling belajar dan menambah wawasan”, tutur Prof. Santo mengakhiri sesi diskusi. Acara selanjutnya diisi oleh ramah tamah, foto bersama dan saling tukar cendera mata.